Bentuk-Bentuk Persaingan Pasar

1/30/2018

Pasar persaiangan murni adalah pasar di mana produsen tidak bisa memengaruhi harga yang berlaku di pasaran sebab harga ditentukan oleh permintaan dan panawaran pasar. Dalam kondisi seperti ini produsen paling hanya bisa menyesuaikan jumlah produksi dengan harga pasar yang berlaku. Kecendrungan lain yang dilakukan produsen dalam pasar persaingan murni adalah menurunkan mutu barang, membayar upah dan tidak menghiraukan aturan AMDAL.


Sedangkan Bentuk pasar monopoli bisa terjadi karena beberapa sebab. Pertama, monopoli ditetapkan oleh pemerintah (Negara), kemudian monopoli yang dipegang swasta. Pasar monopoli tidak selalu jelek, tetapi yang ditentang dalam sistem ekonomi Indonesia, adalah terpusatnya kekuatan ekonomi di tangan beberapa kalangan akibat kuatnya modal.

Monopoli yang bersifat resmi tidak terlalu banyak, hal yang sering terjadi adalah monopoli sebagian, yaitu perusahaan menguasai sebagian besar (tetapi tidak seluruhnya) daru suolai barang/jasa. Dengan menguasai suplai barang/jasa tersebut, maka produsen dapat menentukan sendiri harga jual. Di banyak, Negara maju monopoli (swasta) diatur atau diawasi dengan ketat atau bahkan dilarang dengan Undang-undang.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close