Bagaimana Peran Besar India Dalam Perekonomian Global

1/27/2018

Gebrakan besar ekonomi global India menjadi sorotan bagi Indonesia. Hal ini bisa mencapai diatas rata-rata dari Tiongkok. Peran ekonomi India dalam meningkatkan prestasi menjadi acungan jempol. Apa yang menjadi prioritas dalam keberhasilan India dalam memajukan ekonomi Negara India tersebut? Hal yang menarik, ketika India memacu ekonomi lantaran negara lebih terbuka terhadap peran swasta.



Dengan melihat India yang cendrung sosialis di masa lalu, merupakan Negara yang memang tertutup. Tetapi, masa sekarang India menjadi negara terbuka yang tidak hanya masalah perdagangan dan investasi. 

Namun, dukungan swasta dalam sector ini menjadi salah satu bagian dalam peran swasta dalam pengelolaan ekonomi Negara. Dengan belajar dari India, peran perusahaan swasta dalam memajukan ekonomi Indonesia menjadi salah satu pintu bagi Indonesia agar berkembang.

Komitmen ini begitu penting dalam mentransformasi ekonomi, dari yang berorientasi pada Sumber Daya Alam (SDA) menjadi berorientasi pada produk yang bernilai tambah. Setiap kali, kita menikmati kenaikan harga komoditas, fokus yang tadinya harus kearah nilai tambah pengolahan agar sempat tertarik kembali ke SDA,  dan harus di jaga. 

Peran ini begitu penting, dalam meningkatakan perekonomian masyarakat dan pendapatan Negara. Dengan belajar seperti India tentunya menjadi contoh bagi ekonomi Global Indonesia, dalam meningkatkan dan melibatkan peran swasta dalam hal ini.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close