Food Gathering Economics : Masyarakat Desa

1/17/2018

Secara umum sering kali terdapat persepsi yang salah tentang keberadaan masyarakatDesa, dimana masyarakat desa cendrung dipandang rendah. Padahal kenyataannya masyarakat Desa mempunyai peranan yang penting dalam sejarah penbentukan dan perkembangan peradaban masyarakat manusia. Sebelum dikenal kegiatan bercocok tanam yang merupakan cikal bakal terbentuknya komunitas Desa, maka sejarah kehidupan manusia secara umum mengalami proses perkembangan yang sanagt lamban.

Diperkirakan sekitar 1.990.000 tahun mereka menjalani kehidupan yang sangat bersahaja dengan sistem pertanian berburu, meramu dan menagkap ikan. Mata pencaharian seperti ini, kurang memungkinkan mereka untuk saling berhubungan dan menjalin kerja sama secara teratur dan permanen karena mereka harus selalu berpindah (mobile) mengikuti pola kehidupan binatang buruan, ini lebih menunjukan pada bentuk pra-masyarakat, artinya belum mencerminkan kehidupan bermasyarakat yang teratur dan permanen.

Sejarah berlangsungnya kegiatan bercocok tanam sekiatr 10.000 tahun yang lalu telah mengubah keadaan yang ada. Sifaf tanaman yang terikat pada tempat  (immobile) dan waktu telah membuat orang untuk menetap. Didalam pengelompokan ini terjadilah hubungan yang teratur diantara mereka. Selanjutnya, diikuti dengan symbol yang merupakan laandasan perkembangan peradaban manusia. Kegiatan bercocok tanam juga menandai lahirnya fenomena desa, sebab dalam pengertian pokok berarti tempat menetap dan bermukim dari sekelompok orang yang memiliki ketergantungan terhadap suatu tempat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close