Konteks Politik Sosial Masyarakat

1/02/2018

Dengan memahami persoalan yang ada di masyarakat, tentunya yang harus diperhatikan mengenai persoalan sosial yang terjadi. Banyaknya persoalan di masyarakat, yang membuat tugas dan masing-masing tugas masih tersendat dalam mewujudkan apa yang ingin dicapai disetiap tahunnya. Dengan demikian, apa yang direncanakan, tentunya menjadi salah satu pertimbangan pula.

Pada masa ini dimana perubahan terus berubah dan menjadi salah satu dinamika yang harus dipahami bersama. Terutama dalam hal ini, ketika politik memberikan pengaruh bagi masyarakat, tentunya dalam hal ini peran yang ada disetiap bagian yang terpenting harus segera dipahami. Jika dipahami dengan seksama dalam memahami misalnya pengambilan jarak karena penilaian negatif terhadap ranah politik, tetapi  sebagai cara hidup yang membebaskan para pejabat Gereja dan kaum rohaniwan menjalankan misi kasih tanpa pamrih. Hal yang muncul tentunya menjadi bagian dari persoalan sosial pula.

Tidak dapat dipungkiri, jika berbagai pihak dalam hal ini ikut serta dalam menangapi persoalan sosial yang ada di masyarakat. Seiringnya berjalannya sepanjang sejarah kehidupan berbangsa dan bernegara, tentunya hal ini menjadi persoalan yang harus terus diperhatikan. Dalam hal ini peran yang diberikan dalam membangun dunia sosial politik agar realitas hidup public itu terarah pada kesejahteraan manusia secara menyeluruh dan menyangkut semua orang.

Secara resmi dalam hal ini tentunya secara hakikat dan tujuan politik yang berpusat pada “kebaikan umum” dalam konteks sebuah masyarakat yang plural. Peran dalam perdebatan public misalnya juga mendorong kearah tumbuhnya kekuatan rohani yang berlandaskan pembangunan suatu masyarakat yang adil. Dengan konteks demikian, tentunya penjadi penting dalam menjaga nilai-nilai dasar yang ada.  

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close