Mengenal Apa itu Serikat Buruh

2/01/2018

Serikat buruh merupakan asosiasi para buruh yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan sosial buruh. Serikat buruh merupakan representasi dari masing-masing anggotanya untuk melakukan negosiasi dengan pengusaha terkait dengan semua aspek yang terkandung dalam kontrak kerja, termasuk didalamnya persoalan upah dan kondisi kerja yang diinginkan.

Ada beberapa factor yang mempengaruhi berkembangnya sebuah organisasi buruh di Amerika Serikat. Dimana factor-faktor terpenting adalah situasi ekonomi, keberadaan undang-undang dan kepiawaian pemimpin serikat buruh. Disana, ada sekuarng-kurangnya ada 2 bentuk serikat buruh di Amerika Serikat, yaitu serikat buruh non-industri dan serikat buruh industry.

Serikat buruh non-industri mencakup para buruh yang bekerja di kerajinan, tanpa melihat mereka bekerja dimana. Perkembangan serikat buruh di Indonesia mengalami pasang surut, dimana kondisi perburuhan di Indonesia mengalami kondisi yang mengenaskan dari masa colonial sampai masa orde baru. Dengan demikian, pada masa era globalisasi ini seperti serikat buruh mesti tetap eksis dan memperjuangkan hak-hak buruh.


Kondisi ini tentunya dapat dilihat ketika dalam kondisi tertentu mempengaruhi peekembangan sistuasi perburuhan sehingga akan terjadi tarik menarik kepentingan dari kedua belah pihak. Kedua hal memiliki mesti diketahui. Disatu sisi mementingkan pengusaha, dan selebihnya guna pertumbuhan ekonomi. Yang mesti ditentukan bahwa tuntutan pemulihan ekonomi dari krisis multidimensional dan tuntutan peningkatan kesejahteraan buruh berjalan bersamaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close