Mengetahui Pengaturan Tentang Alih Teknologi

1/11/2018

Kemajuan suatu Negara sangat dipengaruhi oleh perkembangan kemampuan sector produksi dalam mendayagunakan teknologi untuk menghasilkan produk barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan pasar domestic dan ekspor. Selain itu, kemajuan tersebut juga ditentukan oleh perkembangan jaringan kerja sama antar industry, institusi litbang serta perguruan tinggi yang kegiatan dan interaksinya mampu mengadopsidan mendifusikan kemajuan teknologi yang pada gilirannya dapat mengembangkan pendayagunaannya secara inovatif serta menguasai ilmu pengetahuan yang melandasi perkembangan teknologi.

Riset dan teknologi nasional saat ini menunjukan masih kurang diandalkannya produk institusi riset, belum terkoordinasinya program riset, belum terjalinnya hubngan yang baik antara institusi riset dan perguruan tinggi dan industry, serta adanya kecendrungan industry yang lebih memanfaatkan lisensi impor. Berdasarkan pemikiran tersebut, undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang sistem Nasional Penelitian, pengembangan, dan penerapan Ilmu pengetahuan dan Teknologi mengatur hubungan interaksi antara perguruan tinggi, lembaga litbang dan industry yang didalamnya memuat ketentuan mengenai alih teknologi yang dituangkan dalam bentuk peraturan pemerintah.

Peraturan  pemerintah tentang alih teknologi oleh perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan, pada dasarnya merupakan bentuk tanggung jawab lembaga penelitian dan pengembangan yang selama ini dibiayai oleh pemerintah dapat dimanfaatkan seluas mungkin oleh masyarakat Indonesia, dimana hal ini menghasilkan nilai tambah secara ekonomi atau perbaikan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan hidupnya. Dengan demikian, investasi pemerintah itu dapat menghasilkan public return sebesar mungkin.  

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close