Pengertian dan Karakteristik Organisasi Sektor Publik

1/16/2018

Kajian tentang organisasi sector public biasanya mulai dilakukan dari sisi manajemen. Dalam pengembangannya, kajian tersebut telah memasuki wilayah karakter frase, “Sektor Publik”. Pemahaman sector public lebih ditempatkan pada suatu wilayah diluar pemerintahan ditambah dengan pemerintahan itu sendiri. Peristilahan “hutang sector public” dan permintaan pinjaman sector public menjadi kajian menarik dalam sector politik dan ekonomi.

Dari sisi kebijakan public misalnya sector public lebih dikenal sebagai kenaikan pajak, birokrasi yang berlebihan, pemerintahan yang besar, dan nasionalisasi versus privatisasi. Dalam perkembangannya, prespektif mulai bermunculan dan intervensi disiplin ilmu mulai terasa. Akibat dari hal itu, maka definisi sector public diartikan dari berbagai disiplin ilmu yang umumnya berbeda satu dengan yang lain. Perbedaan susut pandang politik, administrasi public, sosiologi dan hukum serta ekonomi, telah mengakibatkan pengembangan ilmu manajemen sector public.

Sektor public apa yang mencakup organisasi yang menggunakan dana masyarakat, yang meliputi: Organisasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, parpol, yayasan, pendidikan dan kesehatan :puskesmas, sekolah, dan rumah sakit, serta organisasi tempat peribadatan. Sektor tersebut, merupakan salah satu bagian dalam terbentuknya suatu organisasi public, dimana apa yang diperoleh berasal dari masyarakat “uang kita”. Dengan demikian, intervensi dari berbagai disiplin ilmu muncul dalam memperjuangkan hak-haknya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close