Perubahan Struktur Dan Perubahan Budaya

1/14/2018

Perubahan yang melanda kehidupan manusia dapat berdimensi horizontal maupun vertical. Jika dilihat setiap perubahan sosial, selalu berkaitan dengan keberadaan sistem norma atau hukum yang berlaku dan akan berlaku di dalam kehidupan masyarakat, yang sesuai dengan perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat yang bersangkutan.


Perubahan sosial merupakan suatu gejala yang tidak mungkin dapat dihindari. Perubahan tersebut dapat berujud pola prilaku, namun juga dapat berupa berupa bentuk budaya material atau benda-benda. Hasil perubahan budaya tersebut, baik pola prilaku maupun budaya material telah melahirkan hal-hal yang bersifat positif maupun yang bersifat negative.

Berbagai factor yang mempengaruhi terjadinya mobilitas sosial seperti a) perubahan kondisi sosial-status sosial b) ekspansi tutorial dan gerak populasi, c) komunikasi yang bebas diantara anggota masyarakat, d) pembagian kerja yang sangat tinggi (terspesialisasi) yang terjadi pada masyarakat inilah yang banyak dijumpai dan menimbulkan adanya perubahan sosial.

Dan selain itu dalam perubahan budaya prilaku dan budaya materil sering kali dijumpai adanya perilaku yang mengarah pada hal-hal yang dapat merugikan banyak pihak, dengan demikian untuk menjaga agar tidak terjadi pelanggaran, maka serangkaian aturan atau produk hukum menjadi perlu dirumuskan agar terjadi ketertiban sosial.  

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close