Singkat Mengenai Revolusi Industri

1/31/2018

Pada masa pergerakan buruh dan muncul sebagai revolusi industry, maka yang mendapatkan tantangan yang berat terutama dari kalangan pengusaha. Pada abad ke-18 dan awal Abad ke-19, banyak gerakan buruh yang terpaksa bubar karena bertentangan dengan aturan-aturan yang berlaku saat itu. Gerakan buruh yang terjadi, pada masa itu, tidak lepas dari perubahan sosial.

Revolusi industry hanya digunakan oleh ilmuwan sosial , dan menjelaskan perubahan besar dari alat-alat produksi di Inggris beserta konsekuensi sosialnya sejak pertengahan abad ke-18. Revolusi Industri yang ditandai dengan penemuan mesin uap yang semakin mempermudah proses produksi. Dari situ, hubungan antara buruh dan pengusaha berubah juga.

Pada masa revolusi industry, masyarakat Inggris mengalami transformasi sosial yang luar biasa. Dimana, suatu peralihan dari era pertanian menuju era Industri. Peralihan ini tentu saja berdampak pada perubahan budaya kerja, metode kerja, dan upah kerja. Jika pada era pertanian yang menjadi penguasa adalah para pemiliki tanah, maka pada era industry yang menjadi penguasa adalah para pengusaha (pemberi kerja). Para pengusaha inilah yang menentukan dan merubah nasib buruh.

Hal ini dapat dilihat ketika, serikat buruh pada masa revolusi industry belum berkembang seoerti sekarang ini. Pada masa itu, pengusaha masih bersikap anti serikat buruh dan sistem hukum yang berlaku belum memungkinkan lahirnya serikat buruh. Saat ini, dengan perkembangan masa, dan industry yang kian bertumbuh, maka kemampuan dalam menciptakan lapangan kerja membutuhkan kemampuan dalam menggunakan kemajuan saat ini. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close