Indonesia : Ketika Agama Kehilangan Akal Sehat

2/25/2018

Perpolitikan Indonesia kini kian terkontaminasi mengenai agama, dalam hal ini persoalan agama tak lagi menjadi salah satu bagian dari iman. Tetapi, menjadi salah satu bagian dalam melihat fenomena politik Tanah Air. Banyak yang berpendapat, bahwa ketika politik Amerika ketika itu dimenangkan oleh isu Agama, maka apa yang menarik yang perlu diketahui ketika antar tokoh agama saling melukai.

Dahulu pemimpin agama dipilih berdasarkan kepintarannya, yang paling cerdas di antara orang-orang lainnya. Sekarang orang yang paling dungu yang tidak bisa bersaing dengan orang-orang lainnya, dikirim untuk belajar jadi pemimpin agama. Kemudian, dulu agama mempererat hubungan manusia dengan Tuhan. Sekarang manusia jauh dari Tuhan karena terlalu sibuk dengan urusan-urusan agama.
Baca Juga :
~Bahagia Itu Sederhana
~Anies di Hadang Paspampres "Gpp"
Hal yang tak dapat dijelaskanbahwa Esensi beragama telah dilupakan. Dan, agama kini hanya komoditi yang menguntungkan pelaku bisnis berbasis agama, karena semua yang berbau agama telah diagungkan, takkan pernah dianggap salah, tak pernah ditolak, dan jadi keperluan pokok melebihi sandang, pangan, papan. Agama jadi hobi, tren, dan bahkan pelarian karena tak tahu lagi mesti mengerjakan apa.

Fenomena sosial yang terjadi di masyarakat kian tampak, dimana ketika perpolitikan Indonesia kian didominasi oleh isu agama. Sementara, dilihat pandangan ini dapat dikatakan memang sulit untuk dihindari. Meskipun demikian, dengan adanya isu agama kiranya tidak menjadi saling dipertentangkan satu sama lain. Setidaknya hal ini dapat menjadi bagian untuk saling menjaga. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close