Jati Diri, Orang Indonesia Tionghoa Unik?

2/15/2018

Ada seorang ahli yang memiliki kenamaan di bidang studi tentang Cina, buku yang berjudul The Chinese in Indonesia, buku yang disunting oleh Jamie Mackie, seorang pakar Australia tentang orang Indonesia Tionghoa. Banyak pertanyaan yang menuntut dilakukannya analisis yang cermat karena menuntut pada akademik membandingkan orang Indonesia Tionghoa dengan masyarakat Tionghoa perantauan lainnya diseluruh dunia.

Menurut Wang, skala guncangan politik dan ekonomi yang dialami oleh Indonesia sepanjang sejarah negeri ini tidak pernah dialami oleh bangsa lain di Asia Tenggara. Cara orang Indonesia Tionghoa menanggapi lingkungan mereka bersifat unik karena lingkungan yang mereka hadapi tidak dapat ditempat lain. Pernyataan ini menimbulkan lebih banyak pertanyaan karena para ahli saat itu perlu memahami betapa sama atau bedanya orang Indonesia Tionghoa dibandingkan dengan orang Tionghoa lainnya ditanah air mereka diluar Tiongkok.


Dengan menjelajah keadaan sosial, politik serta ekonomi dari orang Indonesia keturunan Tionghoa sebagai konteks. Secara khusus dengan memusatkan perhatian pada keadaan khusus orang Indonesia Tionghoa, dengan menyajikan tinjauan sejarah tentang masyarakat Tionghoa perantauan di seluruh dunia dan pola migrasi mereka, dengan perhatian khusus pada Asia Tenggara.

Dalam hal ini benturan jati diri dalam tingkatan lokal dan nasional (Suryadinata, 2007). Australasia, Eropa dan Amerika Utara, tempat semakin banyak jumlah imigran yang baru masuk, tanggapan terhadap orang Tionghoa lebih beragam. Ada yang khawatir Undang-Undang imigrasi akan menjadi semakin ketat dimana-mana dan prasangka terhadap orang Tionghoa semakin meningkat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close