Organisasi, Sistem Sosial dan Fungsionalisme

2/06/2018

Sebagai makhluk sosial, dengan adanya kerja sama maka sekumpulan manusia mampu memenuhi kebutuhan pangan dan juga perlindungan yang tidak hanya sebatas pada ganguan alam, tetapi ganguan binatang buas dan manusia itu sendiri. Sama hal nya dengan sifat kerja sama yang disebut organisasi sosial, yang juga merupakan kerja sama yang efektif untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatasi berbagai masalah.

Adam Smith dalam hal ini menyatakan bahwa sistem sosial terbentuk karena adanya interaksi antarindividu yang ingin memenuhi kebutuhan dan kepentingan mereka. Interaksi antar individu ini bersifat relative tetap, sehingga membentuk suatu pola interaksi tertentu. Dalam sejumlah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masing-masing tadi, sejumlah individu saling berhubungan satu sama lain secara timbal balik, dimana mereka saling menyesuaikan diri satu sama lain sehingga keseimbangan di dalam kesatuan sosial (sistem sosial) tersebut bisa dipertahankan (self maintaining dan stabilizing menjadi terkontrol).

Jika teori fungsional dalam antropologi mulai dikembangkan oleh Bronislaw Malinowski, ia tertarik dengan folklore dan kegunaan praktis ilmu antroplogi serta masalah-masalah yang berkaitan dengan perubahan kebudayaan. Learning theory ini digunakan sebagai dasar pemikiran Malinowski terhadap hubungan fungsional antar unsure-unsur kebudayaan dalam suatu masyarakat.

Dalam perkembangannya, Malinowski mulai mengembangkan suatu kerangka teori untuk menganalisis masyarakat dan kebudayaannya dengan menggunakan kerangka hubungan fungsional, yang pada akhirnya menciptakan karangka teori fungsi kebudayaan. Setiap unsure kebudayaan mempunyai fungsi sosia terhadap unsur-unsur kebudayaan lainnya.

Oleh karena itu, secara integral, fungsional antarunsur kebudayaan mempunyai fungsi sosial, yaitu sebagai alat untuk pemenuhan kebutuhan manusia sebagai pendukung kebudayaan yang bersangkutan. Dengan kata lain, bahwa kebudayaan berfungsi untuk memenuhi segala kebutuhan manusia pendukung kebudayaan yang bersangkutan.



0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close