Penjelasan Mengenai Pariwisata Masyarakat

2/28/2018

Dalam masyarakat modern, kepariwisataan merupakan bagian dari struktur sosial dan sistem ekonomi masyarakat. Sebaliknya dalam masyarakat tradisional, praindustri dan masyarakat sedang berkembang, kepariwisataan belum seluruhnya menjadi bagian dari struktur sosial dan sistem ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, kegiatan pariwisata di masyarakat sedang berkembang cenderung di luar struktur dan sistem sosial ekonomi masyarakat.

Lembaga pariwisata misalnya menghimpun dan mengatur jaringan hubungan sosial wisatawan dengan masyarakat berdasarkan kepentingan atau kebutuhan layanan wisata di lokasi objek dan daya tarik wisata dan menunjukan fungsi-fungsi sosial yang penting di bidang kepariwisataan (Sanderson,1993).

Baca Juga :
~Pengertian Mengenai Pariwisata Budaya
~Mengenal Etnisitas Dalam Konteks Masyarakat Indonesia

Struktur sosial mengkerangkai hubungan sosial dengan kebudayaan dan hubungan keduannya (struktur sosial dan kebudayaan) menunjukkan pola tindakan manusia terkait ungkapan perasaan, pikiran (gagasan)dan tingkah laku yang terarah pada seluruh kelompok atau segmen sosial. Pemikiran (gagasan) dan tingkah laku memiliki pola-pola yang berbeda pada kelompok dan masyarakat satu dengan kelompok masyarakat yang lain.

Dalam dinamika masyarakat dapat dilihat dari tingkat mobilitas sosial yang terjadi, dimana mobilitas sosial memiliki hubungan langsung dan tidak langsung dengan terbentunya stratifikasi (pelapisan sosial). Dengan semakin cepat dan beragam mobilitas sosial, maka semakin beragam stratifikasi sosial yang terjadi. Dan mobilitas sosial bisa dimaknai sebagai bentuk kegiatan wisata.

Kegiatan wisata merupakan manifestasi dan mobilitas sosial masyarakat. Dimana, struktur dan pelapisan sosial masyarakat sebagai fungsi dari kegiatan pariwisata masyarakat. Struktur dan pelapisan masyarakat pariwisata yang terbuka atau berubah menunjukkan perubahan sosial yang cepat. Masyarakat asal wisatawan dan masyarakat daerah dan di lokasi wisata melakukan interaksi sosial dengan masyarakat setempat melalui kegiatan wisata yang mengindikasikan struktur sosial yang terbuka.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close