Sistem Politik Indonesia Serta Peran Birokrasi

2/28/2018

Peranan birokrasi dalam sistem politik di Indonesia merupakan konsep yang yang meletakkan kedudukan birokrasi dalam suatu sistem politik sehingga kita dapat memahami peranan birokrasi secara jelas dalam suatu sistem politik. Peranan birokrasi dalam sistem politik Indonesia sangat kompleks dan mengalami pasang surut.

Pada masa awal kemerdekaan, birokrasi menjadi sarana yang efektif untuk menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Melalui jalur birokrasi, masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan daerah dipersatukan. Organisasi birokrasi yang memiliki jangkauan luas dapat memainkan peranan sebagai pendekat persatuan dan kesatuan.

Dimasa awal kemerdekaan ini birokrasi berada dalam situasi perjuangan, namun tidak menghilangkan etos kerja untuk mengabdi pada perjuangan kemerdekaan. Luasnya jangkauan birokrasi menarik menjadi perhatian, dimana ketika itu beberapa kementerian duduk menjadi instrument dan memperkuat sistem politik dan stabilitas bangsa. 
Pada masa Demokrasi terpimpin, dimana Presiden Soekarno sempat mengeluarkan kebijakan bagi pengaruh spolitik terhadap birokrasi. Salah satu perkembangan yang khas terjadi di Negara-negara berkembang, dimana munculnya peranan penting dalam kehidupan politik. Di beberapa negara Amerika Latin, dimana pemerintahan dijalankan oleh militer dan ini merupakan hal yang biasa. Begitu juga dengan Asia dan Afrika, dimana peranan militer dalam politik terlihat menonjol di beberapa decade ketika itu.

Konsep barat, militer dipandang sebagai orang yang memiliki disiplin organisasi yang teratur dan didayagunakan untuk melakukan pertempuran dan perdamaian. Hal ini, penting karena perubahan masa sudah berbeda dengan tahun sebelumnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close