Perekonomian Negara Terdiri Dua Sektor

2/28/2018

Pada umumnya setiap perekonomian suatu Negara terdiri dari dua sector, yaitu sector real dan sector moneter. Sektor real merupakan sector perekonomian yang menghasilkan barang dan jasa. Sedangkan sector moneter merupakan sector yang melakukan aktivitas perekonomian dengan uang sebagai komoditasnya. Dengan melakukan pengaturan terhadap sector real dalam bentuk berbagai kebijakan fiscal dimana hal ini untuk menjaga sector tersebut, berjalan secara efisien, sedangkan sector moneter akan diatur oleh lembaga tersendiri, dan Bank sentral yang dimaksud adalah Bank Indonesia.


Tugas Bank Sentral dalam hal ini adalah menjadikan sector moneter selalu berada dalam keadaan seimbang. Bank sentral, dalam hal ini Gubernur bank sentral, yang mempunyai kewenangan  dalam membuat kebijakan moneter yang diharapkan dapat mempengaruhi berbagai sector seperti makro ekonomi. Yang mesti dipahami bahwa pertumbuhan ekonomi akan sangat erat hubungannya dengan sistem moneter suatu Negara. Sehingga,  Bank Sentral memerlukan berbagai instrument kebijakan moneter untuk dapat menjaga sector moneter selalu dalam keadaan seimbang.
Baca Juga :
~Sistem Ekonomi Mekanisme Pasar
~Pengertian Mengenai Hubungan Budaya dan Ekonomi
Begitu juga dengan pembelian surat berharga, dulu Pos bernaung juga dalam hal ini, karena akan membawa dampak ekspansi moneter karena peningkatan alat-alat likuid bank-bank akan memperbesar kemampuannya dalam pemberian pinjaman. Hal ini secara tidak langsung akan menambah jumlah uang beredar. Sebaliknya, penjualan surat-surat akan ada dampak pada kontraksi moneter karena mengakibatkan berkurangnya alat likuid bank, dimana yang memperkecil kemampuannya dalam memberikan pinjaman.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close