Potensi Aplikasi Chatting Di Masyarakat Pesat

2/21/2018

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terhadap 2.500 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, aplikasi layanan internet yang paling banyak digunakan adalah chatting atau layanan pesan instan. Saat ini banyak aplikasi yang menyediakan layanan interaksi tersebut seperti Whatsapp, Line, FB Messenger, dan lain-lain. 


Dari survei tersebut ditemukan bahwa publik yang menggunakan layanan chatting di internet mencapai 89,35%. Angka tersebut mengalahkan pemakaian layanan media sosial yang hanya mencapai 87,13% responden. Layanan internet yang popular digunakan lainnya adalah mesin pencarian. Sebanyak 74,84% dari responden menggunakan layanan tersebut dalam aktivitas sehari-harinya.


Pengembangan inovasi di era digital ini merupakan salah satu bagian dalam melihat potensi yang ada di masyarakat dalam penggunaan begitu pesat. Dengan menggengam ponsel yang ada di saku, masa ini telah menjadi kebutuhan di masyarakat. Teknologi dan informasi yang ada di masyarakat dapat diamati ketika waktu luang yang mereka gunakan. Tidak hanya itu saja, kini dapat digunakan berbagai dokumentasi disetiap tugas-tugas yang ada di masyarakat.

Hal ini, dapat diketahui juga ketika, layanan pencarian foto dan video juga menjadi layanan yang cukup popular di kalangan pengguna internet, terutama anak muda. Sementara itu, penggunaan layanan perbankan melalui internet justru masih minim dan baru digunakan oleh 7,39% dari responden. Ini menjadi tantangan bagi perbankan agar aplikasi yang mereka tawarkan lebih mudah, nyaman dan aman untuk bertransaksi di era digital.

Sumber : 
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/21/chatting-aplikasi-paling-digemari-masyarakat-indonesia 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close