Populernya Gado-Gado Nusantara

2/21/2018

Apa yang menarik, ketika gado-gado yang merupakan kuliner nusantara, yang  terlebih lagi untuk bumbu, dapat menambahkan kecap, kecap ikan, dan minyak zaitun. Hal yang menarik ketika mengganti kacang tanah goreng dengan selai kacang, asam jawa dalam bentuk pasta tamarind, juga gula merah dengan gula palem. Kesemuanya bukan diulek sebagaimana cara tradisional.
Ada warganet yang bilang rasanya tak akan senikmat jika diulek. Cita rasanya pun berubah karena menggunakan selai. Ada pula yang mengatakan bahwa gula palem berbeda dengan gula merah dan aren. Selain itu, sejumlah warganet berkomentar bahwa itu lebih mirip karedok dan lotek. 
Bahkan mempertanyakan dari mana Jamie belajar resep tersebut. Sedikit mengulas, mengutip Indonesiakaya.com, gado-gado khas Indonesia berisi aneka sayuran dan disiram dengan saus kacang nan gurih. Sepintas tampilannya mirip dengan lotek (Jawa Barat), karedok, atau Pecel (Jawa Timur).
Namun, ada bedanya. Karedok identik dengan sayur mentah, tak sama dengan sajian lain yang direbus. Sementara pecel biasa disajikan beralas daun pisang dan punya aroma khas daun jeruk pada bumbu kacang. Lotek mirip pecel, tetapi lebih menonjolkan aroma kencur pada bumbu. Di dalamnya pun wajib ada bayam, kacang panjang, kapri, dan daun kacang kedelai.
Untuk gado-gado, pada bumbu tidak menggunakan kencur dan daun jeruk. Selain itu, bahan utamanya menggunakan telur, tahu, kentang, juga tempe serta lontong. Sayuran yang digunakan umumnya kubis, kangkung, bayam, tauge, dan kacang panjang yang seluruhnya direbus. Dengan irisan mentimun mentah.
Tak ada yang tahu persis asal-muasalnya, tetapi banyak yang menyebutkan gado-gado identik dengan Tanah Betawi. Memang, jika menyelisik situs resmi Jamieoliver.com, Jamie menuliskan bahwa gado-gado berakar dari Sunda, dan telah menjadi makanan khas Jakarta di Indonesia.
Terlepas dari semua, banyak pula warganet Indonesia yang memuji langkah lelaki berusia 42 tahun tersebut dalam mempopulerkan gado-gado ke mata dunia. Boleh jadi, Indonesia bakal punya satu lagi makanan khas yang enak dan diakui dunia layaknya rendang dan nasi goreng yang pernah menduduki peringkat pertama dan kedua, juga sate yang menempati posisi ke 14 makanan terlezat di dunia pada 2017 versiCNN Travel.
Apalagi, melansir Liputan6.com, Jamie rupanya memang koki kenamaan yang kerap mengampanyekan makan sehat. Pada 2015, ia meluncurkan sebuah petisi global di Change.org, yang bertujuan mendorong pemerintah negara-negara G20 termasuk Indonesia untuk menjadikan pendidikan tentang makanan sehat sebagai pelajaran wajib bagi anak-anak di sekolah.
Perhatian itu berangkat dari kepeduliannya akan obesitas yang kerap menimpa balita di seluruh dunia. Lewat petisi tersebut Jamie percaya, pendidikan bisa mencegah obesitas yang meningkatkan potensi penyakit diabetes tipe 2 hingga kematian.
Karenanya tak heran, dalam situsnya yang diberi judul besar "Gorgeous Gado-gado, an Indonesian Mega Salad" dan juga tertuang dalam buku resepnya, tertera kandungan gizi per sajian gado-gado. Mulai dari persentase kalori, lemak hingga karbo dan gula. Sebab pada intinya, gado-gado memang makanan sehat dan lezat dari Indonesia yang layak mengetren di dunia.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close