Sejarah Adanya Sosiologi Pedesaan

2/04/2018

Bermula di Amerika Serikat dimana kehidupan disana tidak menyenagkan, terutama di daerah pedesaan. Keadaan yang terjadi mendorong semakin merebaknya isu kemanusian, dan isu tersebut muncul ke permukaan terutama atas jasa para humanis lainnya.

Dari dampak isu kemanusiaan diperguruan-perguruan tinggi adalah lahirnya mata kuliah mengenai masalah-masalah sosial pedesaan di Universitas Chicago, Michigan, dan North Dakota. Dalam mata kuliahnya, untuk keabsahan identitas keilmuwannya kemudian dikokohkan menjadi bagian dari sosiologi pedesaan (Rural sociology).

Penanganan berbagai pihak dengan mengumpulkan dana dan menyumbangkannya ke Desa-Desa. Maka, isu kemanusian masih terus berlanjut. Isu ini juga yang berperan dalam penciptaan suasana yang mengakibatkan Presiden T. Roosevelt dan membentuk komisi tentang kehidupan desa (Commision on Rural Life).

Keputusan ini menyebarkan pengaruh para ilmuwan, sehingga orang yang mempelajari tentang pedesaan meningkat. Keputusan membentuk komisi ini dipengaruhi oleh studi yang dilakukan Sir Horace Plunkett mengenai rusaknya kehidupan desa di Irlandia. Misi utama komisi ini adalah mempelajari masalah-masalah sosial di Pedesaan-pedesaan Amerika dan lebih lanjut membuat saran-saran perbaikan.

Dengan terbentuknya Rural Sociological Society pada tahun 1937, salah satu sumbangan terpenting asosiasi ini adalah diterbitkannya Journal Rural Sociology yang memuat semua hasil penelitian sosiologi pedesaan. Setelah perang dunia ke II, sosiologi pedesaan menyebar ke Eropa dan Asia, dan tahun 1957 dibentuk asosiasi Sosiologi Pedesaan di Eropa (European Society For Rural Sociology). Pada tahun yang sama asosiasi seperti ini dibentuk di Jepang.

Dari uraian yang ringkas ini, mengenai latar belakang lahir dan berkembangnya Sosiologi Pedesaan di Amerika Serikat, maka dapt dikemukakan beberapa hal, dimana keterkaitan mengenai kemanusian, dan persoalan.

Munculnya sosilogi pedesaan dengan isu kemanusian disebabkan oleh karena kehadirannya merupakan refleksi dari ketimpangan masyarakat Amerika Serikat, pada awal-awal perkembangan industry. Dengan demikian, sosiologi pedesaan memang dirancang sebagai salah satu upaya untuk ikut memperbaiki kehidupan dan membangun masyarakat di Amerika Serikat. 



0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close