Pengertian Klasifikasi Barang Dan Jasa

3/12/2018

Dalam masyarakat terdapat ratusan, ribuan atau bahkan jutaan jenis barang/jasa. Barang-barang dan jasa dalam hubungannya dengan kebutuhan dan konsumsi dalam masyarakat dapat dikategorikan menurut 2 sifat, yaitu eksklusivitas dan kebersamaan pemakaian (joint consumption).

Eksklusivitas menyangkut kesempatan akses orang atau orang lain terhadap pemilikan, barang atau jasa, sedangkan kebersamaan pemakaian berkaitan dengan kesempatan dalam menggunakan barang dan jasa dengan kualitas dan kuantitas tertentu. Demikian juga, sifat tertentu dari suatu barang, tidak bersifat tetap akan tetapi berubah menurut konteks kebudayaan dan masa tertentu.

Barang atau jasa dalam masyarakat secara sederhana dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu privat dan barang public. Barang privat dan barang public adalah barang yang dimiliki bersama dan digunakan secara bersama. Klasifikasi ini didasarkan pada anggapan bahwa sifat barang mengikut sifat yang dikotomis. Sementara proses, adalah kegiatan manajemen dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.
Baca Juga :
~Peningkatan Struktur Petani Dan Distribusi Pedesaan
~Klasifikasi Barang Dan Jasa
Sedangkan titik perhatiannya adalah pada dinamika manajemen, terutama jika dihubungkan dengan kegiatan pelayanan yang menjadi pokok bahasan. Sedangkan proses produksi, distribusi dan konsumsi terhadap pelayanan berlangsung secara bersamaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close