Lingkungan Hidup Dan Manusia

3/24/2018

Komponen lingkungan hidup merupakan sumber mutlak manusia untuk mempertahankan atau meneruskan kehidupannya. Hal ini begitu penting, ketika interaksi antara manusia dengan lingkungan hidupnya dapat digambarkan dalam pernyataan bahwa dalam lingkungan hidup yang optimal, manusia dapat berkembang dengan baik.

Interaksi antara manusia dan lingkungan hidup merupakan proses saling mempengaruhi, baim itu secara langsung dan tidak langsung. Kalau seseorang melakukan sesuatu atas lingkungannya, misalnya terjadi interaksi antara manusia, maka sekitarnya juga berinteraksi. Dengan demikian, maka melihat persoalan hutan yang sering diekspolitasi maka hutan akan tidak seimbang.

Peranan manusia dalam ekosistem sangat luas, hal ini dikarenakan lingkungan hidup manusia tidak terbatas pada sarana dalam sosio-budaya dan agama. Tetapi, segala perubahan dalam lingkungan hidup manusia juga akan mempengaruhinya. Manusia dengan kemampuan ilmu dan teknologi bisa membuat perubahan, baik kecil maupun besar terhadap lingkungan.
Jika berdasarkan pengamatan yang terjadi akhir-akhir ini, dimana kerusakan hutan telah mengakibatkan interaksi antara manusia dan lingkungan semakin intensif, misalnya dalam penggalian sumber alam, pengelolaan dan penggunaan sumber alam. Dengan demikian, peranan manusia sanga berpengaruh terhadap kondisi struktur dan sifat fungsional ekosistem.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close