Yang Di Maksud Sosial Pariwisata

3/14/2018

Pariwisata merupakan sebagai kegiatan sosial orang-orang, sekelompok orang, sebagai akibat dari kondisi sosial ekonomi tertentu dan dinamika tinggi kehidupan suatu masyarakat atau beberapa masyarakat. Kegiatan pariwisata memberi dampak positif sosial ekonomi, budaya, politik dan lainnya pada masyarakat yang lain. Perubahan sosial masyarakat didaerah tujuan wisata terjadi sebagai wujud dari dampak sosial yang timbul oleh kegiatan pariwisata.

Pada masyarakat setempat, pariwisata tidak senantiasa menimbulkan dampak sosial yang menyeluruh pada kehidupan masyarakat di daerah tersebut, karena tidak semua masyarakat di daerah itu memiliki dan menjadi objek wisata. Namun, di masyarakat modern/maju (industry), di masyarakat yang tengah berubah. Meskipun pada sisi lain, pariwisata muncul dan berperan dalam upaya menciptakan jalinan kerjasama bilateral maupun multilateral, dan merupakan salah satu bagian dalam proses sosial.

Hal yang penting ketika penyelesaian konflik masyarakat, dalam hal ini sebagai media proses pemahaman antar budaya yang berbeda, serta penghormatan orang dan bangsa satu dengan yang lain (WTO,1980). Pariwisata berupa paraktek perjalanan wisatawan mancanegara dinilai memiliki dampak negative bagi tata kehidupan sosial budaya masyarakat setempat atau masyarakat yang dikunjungi.
Baca Juga :
~Pengertian Mengenai Pariwisata Budaya
~Investasi Asing Untuk Indonesia
Dengan kondisi tersebut, maka biaya sosial budaya yang besar, dan yang tidak sebanding dengan keuntungan ekonomis yang diperolah dari kegiatan pariwisata. Dalam hal ini, untuk Indonesia sungguh relevan untuk dikembangkan, meskipun akan ada prespektif yang bergerak dinamis dan melibatkan berbagai ragam kelompok sosial tetapi bermanfaat bagi pariwisata lebih lanjut.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close