Memahami Hubungan Persoalan di Masyarakat

3/31/2018

Tiap Kelompok masyarakat di Indonesia tentunya akan memahami persoalan yang ada di masyarakat, dan masing-masing kelompok membentuk hubungan dengan kelompok dalam suatu sistem sosial. Begitu juga hubungan antar masyarakat di lingkungan. Hubungan yang terbentuk tentunya tergantung pada hubungan yang dijalani dengan segala perkembangannya.

Dalam hal ini, dala kondisi politik dan ekonomi juga ikut berperan dalam menyumbang peran dan dinamka dan perkembangan pola hubungan yang terbentuk di masyarakat. Secara umum, hubungan antarkelompok masyarakat seringkali diwarnai dengan pola hubungan dominasi. Begitu juga hubungan masyarakat majemuk dengan segala dinamika yang ada didalamnya.
Perbedaan dalam masyarakat majemuk misalnya, aka nada perbedaan yang sering kali terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam hal ini, perlu adanya stabilitas Nasional antar kelompok masyarakat yang satu dengan yang lain. Pengabaian perbedaan seringkali justru akan saling terpicu dengan persoalan. Kesadaran yang penuh ini tentunya secara fungsional akan terjadi dalam menyingkapi kondisi masyarakat dan hubungan antarkelompok yang menjadi kompleks.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close