Pengertian Waktu Luang Terhadap Pandangan Sosiologi

3/31/2018


Waktu luang merupakan salah satu hal yang menarik dalam sosiologi konsumsi. Dalam masyarakat yang sedang menuju fase industri, tentunya mengerti apa yang perlu dimiliki dan dilakukan untuk waktu luang. Pola konsumsi waktu dan segala aktivitas yang berkenan dengan pola konsumsi dapat diarahkan diperubahan dan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan.

Yang perlu diketahui ketikasumber daya waktu untuk berbagai aspek kehidupan dan kebanyakan orang akan memahami dengan waktu kerja dan waktu luang. Tetapi, dalam hal ini dipahami bahwa pandangan mengenai waktu pembangian waktu kerja dan waktu luang menuai banyak kritik. Kritik waktu tentunya akan memberikan gambaran bahwa waktu yang digunakan dalam melakukan aktivitas dan kerja.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa waktu memiliki ciri, yaitu memiliki watak dan ciri kebebasan, yakni dari kebebasan dari kewajiban dan bebas untuk memilih aktivitas, kemudian tidak ada kemanfaatan, dimana digunakan untuk mencapai sesuatu maupun sosial, serta memiliki ciri kenikmatan, yang artinya selalu terkait dengan upaya mencari liburan, serta bersifat pribadi dimana fenomena waktu luang itu terkait langsung dengan keberadaan manusia, dimana melepaskan diri dari hiruk pikuk rutinitas sehari-hari demi kewajiban. Dalam hal ini, pemikiran dikhotomis tentanh tujuan manusia antara kepentingan pribadi dan masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close