Peranan Birokrasi Terhadap Politik

3/28/2018

Peranan birokrasi dalam sistem politik telah meletakkan kedudukan birokrasi dalam suatu sistem politik, hal ini dapat dipahami ketika peranan birokrasi secara jelas dalam suatu sistem politik.

Peranan birokrasi dalam hal ini sangat kompleks dan mengalami naik turun. Hal ini terlihat ketika masa kemerdekaan, dimana birokrasi menjadi sarana yang efektif untuk menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dalam hal ini, melalui jalur birokrasi, masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan daerah yang dipersatukan. Organisasi birokrasi yang memiliki jangkauan luas memiliki peranan penting sebagai perekat persatuan dan kesatuan, serta etos kerja untuk mengabdi bagi Negara.

Dengan luasnya jaringan dan jangkauan birokrasi telah menarik perhatian, hal ini dikarenakan pada masa-masa tertentu masih ada persoalan disektor ekonomi, hal yang berkaitan dengan praktik-praktik yang terjadi.

Sementara langkah saat ini, penting untuk diketahui adalah bagaimana menerapkan sistem pengawasan atas berkembangnya praktik, dengan mengharapkan menciptakan birokrasi modern, rasional, dan professional sebagai abdi bagi kepentingan public.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close