Nilai-Nilai Dan Potensi Pengembangan Desa

3/28/2018

Desa merupakan potensi yang baik dalam mencapai pengembangan dan pembangunan bagi masyarakat. Hal ini, dimulai dari pengembangan potensi yang ada di Desa, baik itu komoditi, Kerajinan dan berbagai hal yang ada di Desa. Pengembangan potensi Desa merupakan cara awal dalam meningkatkan ekonomi dasar bagi masyarakat.

Dengan melihat keberagaman hasil yang ada di Desa, tentunya dapat memberikan peluang dalam meningkatkan produksi. Dengan demikian, sistem yang ada di Desa dapat dikembangkan dengan kelembagaan yang ada saat ini. Karena, sistem yang ada di Desa dapat menunjang kebutuhan dari hasil produksi.

Tetapi, persoalan yang ada saat ini ketika Desa kehilangan karakteristiknya untuk berproduksi. Seperti penggunaan lahan yang kurang optimal, teknologi yang belum mendukung, dan pengetahuan yang begitu minim. Hal ini. tentunya akan berdampat pada produksi dan distribusi. Cara pandang melihat Desa sebagai bagian terkecil suatu Negara, tentunya masyarakat dapat berproduksi dan melakukan distribusi dengan baik.

Pengenalan lembaga Desa juga penting dalam menjelaskan apa saja yang terkait dari sistem Desa dan pasar. Karena, dua hal tersebut merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan ekonomi Desa suatu masyrakat. Dengan demikian, berbagai cara pandangan masyarakat yang kian berbeda dapat memberikan arti bahwa persoalan yang ada di Desa mengenai pertanian dan peternakan mendapatkan manfaat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close