Militer Pada Masa Politik di Indonesia 2008 - 2011

3/22/2018

Pengertian dalam bidang politik merupakan salah satu bagian dari militer yang memiliki kecenderungan memasuki kehidupan sosial politik. Hal yang bersifat konseptual ini dimaksudkan untuk memahami mengapa militer-militer di Negara berkembang terlibat dalam politik. 

Hal yang perlu dipahami ketika militer begitu aktif dalam berpolitik di Negara secara jelas dan berdasarkan nilai yang berkembang di Barat terdapat pemisahan antara fungsi militer dan fungsi sipil.

Hal yang dijelaskan oleh ahli politik terutama yang memfokuskan kajiannya pada peranan militer di Negara-Negara berkembang dewasa ini. Atas dasar konsep itu, maka pengertian dan kategorisasi dari militer yang memiliki kecendrungan terlibat dalam politik atau kita juga dapat meninjaunya dari factor intervensi di Negara berkembang.

Dengan melibatkan militer ketika itu, maka latar belakang dan sebab militer terjun ke dalam bidang politik. Mungkin yang dapat mempersoalkan bagaimana situasi yang mengundang militer terjun dalam berpolitik. 

Disamping ahli yang mereka gunakan tentunya memiliki pertahanan untuk dibidang politik suatu Negara. Ahli bidang politik militer tentunya secara demokrasi, peran militer menjadi penting, untuk memahami persoalan yang ada di masyarakat dan Negara.


Kemudian, penyebaran dan perkembangan teknologi militer serta menurunnya perang terbuka yang menuntut mobilisasi nasional telah mengubah hubungan lembaga militer dengan masyarakat di Negara demokrasi baru, demokrasi lama yang akan mengarah pada Demokrasi masa depan dimana hubungan sipil militer Negara demokrasi tidak tergantung pada militer saja tetapi juga pihak sipil. 

Persoalan yang muncul jika demokrasi gagal dalam meningkatkan dan mengembangkan ekonomi dan memelihara ketertiban.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close