Pandangan Etnisitas Dalam Konteks Masyarakat Indonesia

3/13/2018

Mengenal ciri masyarakat Indonesia merupakan pengetahuan bagi masyarakat saat ini, dimana untuk mengenal etnik maka yang harus diperhatikannya adalah mengenai masyarakat Indonesia yang tergabung dalam kelompok etnik. Sebenarnya, pada dasarnya tidak hanya kelompok etnik dalam arti kesukuan. Tetapi, masyarakat Indonesia juga berbeda dalam hal agama dan ras. 

Dalam hal ini, yang hidup berguna dalam satu wilayah Indonesia dan merupkan hasil perjuangan dalam melawan penjajah. Sehingga, dalam hal ini jika diketahui bahwa Indonesia pada merupakan hasil perjuangan beberapa kelompok etnik di wilayah kolonialisasi, hal ini pula yang dapat menjelaskan mengapa negara Singapore, Malaysia, Philippines menjadi suatu Negara Tersendiri walau secara geografis berdekatan dengan Negara Indonesia dan secara budaya terdapat kesamaan.

Kemudian, kelompok etnik membentuk masyarakat Indonesia dan bagaimana arti etnisitas ini bagi masyarakat seiring dengan perkembangan pembangunan masyarakat Indonesia. Konflik etnik yang terjadi tak lepas dari pengaruh asing yang terus untuk mengacaukan kondisi Indonesia ketika itu tentunya, tetapi lebih besar dari berbagai kalangan ikut turut ambil bagian dalam menciptakan suatu perdamaian dunia melalui forum Internasional dan Nasional.
Baca Juga :
~Stratifikasi Masyarakat Tradisional Relatif Stabil
~Prespektif Teoritis Dalam Relasi Masyarakat Dan Individu

Sehingga, banyaknya persoalan ketika itu, maka pada masa colonial dalam tujuannya mengenai transmigrasi adalah untuk memindahkan sebagian penduduk pulau Jawa yang memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi ke wilayah-wilayah seperti Lampung dan Kalimantan. Yang tujuannya untuk membangun wilayah-wilayah diluar pulau Jawa melalui pengenalan teknologi pertanian.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close