Pengaruh Sistem Perpolitikan Indonesia

3/12/2018

Sebagai Negara yang berdaulat, Indonesia tentunya menginginkan agar dapat menentukan kebijakan politiknya, baik itu kebijakan politik domestic dan Internasional. Dalam hal ini, yang perlu diketahui bahwa akan sangat sulit untuk dapat melepas dari pengaruh sistem politik di Indonesia. 

Di masa lalu perpolitikan Indonesia banyak dikuasai Asing, seperti Amerika. Meskipun demikian, hal ini tentunya tak lepas dari kepentingan politik Indonesia. Kemudian, ketika pengaruh terhadap sistem politik dapat dibagi ke dalam kategori, yaitu sistem politik Internasional dan sistem sosial Internasional.

Untuk sistem politik Internasional yang tentunya berpengaruh terhadap sistem politik domestic yang meliputi individual political systems, seperti Amerika, Jepang, Cina dan Negara tetangga, yang tergabung dalam sejumlah sistem politik. Dengan adanya pengaruh luar terhadap sistem politik di Indonesia, maka dengan semangatnya Indonesia anggota PBB yang bertujuan mewujudkan perdamaian di seluruh dunia.
Baca Juga :
~Mengenal Aspek Lain Dari Khalayak Massa
Sementara, ditingkat Nasional. Salah satu hal yang menarik, ketika sistem sosial Internasional yang berpengaruh besar terhadap kehidupan politik Indonesia adalah berkembangnya gagasan di bidang politik, dan hal ini tentunya mempengaruhi sistem perpolitikan di Indonesia, dan menjadi permulaan pada masa itu.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close