Peta Jalan Jack Ma Dan Inovasi Terkini

3/15/2018

Indonesia, kini dalam perkembangan ekonomi nasional, yang memiliki potensi dalam mengembangkan bisnis skala Lokal dan Nasiona. Hadirnya Jack Ma di Indonesia sebagai penasihat tunggal dalam menggarap road map e-commerce tersebut.Kehadiranya tentunya untuk  memberi masukan terkait strategi yang tepat untuk industri e-commerce Indonesia.

Sedangkan Jack Ma tertarik pada pemberdayaan perekonomian UMKM hingga masyarakat sub-urban dan pedesaan. Ini begitu menarik, ketika fokus yang rencanakan tepat dengan apa yang dibutuhkan masyarakat dalam melihat kebutuhan urban dan pedesaan. Dalam hal ini, produsen lokal dapat menjual produknya ke Cina melalui Tmall dan layanan AliExpress yang menjadi bagian dari Alibaba Group.

Hal ini dianggap sebagai salah satu jalan keluar atas persoalan pemasaran produk Indonesia yang sering terkendala. Jack Ma tak lantas mendikte peta jalan e-commerce Indonesia, karena ada pihak-pihak lain yang juga terlibat. Ketua Indonesian E-Commerce Association (IDEA) Aulia Marinto, seperti dikutip dari Tech in Asia meyakinkan bahwa pihaknya akan membantu pemerintah dalam meninjau setiap usulan atau saran yang berasal dari penasihat di steering committee, termasuk dari Jack Ma.

Baca Juga :

Hadirnya Jack Ma diharapkan dapat membantu pemerintah untuk memaksimalkan potensi e-commerceuntuk pengembangan UMKM dan bisnis lokal. Namun, jangan sampai sebaliknya malah hanya memakmurkan pebisnis e-commerce global. Dengan melihat peta jalan yang dipimpin Jack Ma ini, tentunya dapat dikembangkan kembali pada kerjasama perbankan dalam menciptakan sebuah teknologi yang berinovasi guna menjawab dan memajukan suatu perubahan diperbankan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close