Fenomena Globalisasi Terhadap Proses Perubahan

4/23/2018

Fenomena globalisasi bukanlah hal yang asing lagi bagi kita, saat ini proses globalisasi sudah mencapai dalam tahap perkembangan yang mengharuskan masyarakat untuk memahaminya. Hal ini secara sederhana, seperti berbagai produk yang dijual di Market adalah sebuah miniature relasi antara lokal dan global. Dilihat dari market juga menjadi cerminan sebuah proses perubahan sosial dalam skala besar dimana individu saling berhubungan dan bergantung satu sama lain meskipun dipisahkan jarak.

Jika diketahui dalam sejarah kehidupan manusia, dimana relasi antara lokal dan global merupakan fenomena yang relatif baru. Anthony Giddens (2002), menyatakan bahwa hubungan yang intens antara lokal dan global baru terjadi 30 atau 40 tahun belakang, hal ini tentunya dipicu oleh kemajuan teknologi, pengetahuan, informasi dan transportasi.

Hal yang sederhana dalam memahami globalisasi dapat diketahui ketika komunikasi yang digunakan saat ini, merupakan sistem komunikasi satelit dunia, yang juga baru berkembang pada tahun 30 tahun terakhir, hal ini telah memungkinkan manusia saling berhubungan secara langsung, dengan proses intensifikasi relasi sosial dunia dan interdependensi semacam kajian mendalam terhadap sosiologi globalisasi.

Istilah Globalisasi memiliki sejarah yang menarik, hal ini dapat diketahui ketika sepuluh tahun yang lalu kata globalisasi hampir tidak pernah digunakan dalam dunia akademis dan pers. Hal ini, tentunya muncul perdebatan yang intens dan sebagian besar diskusi politik dan perdebatan lainnya. Tetapi, jika dipahami bahwa Globalisasi merujuk pada kondisi bahwa kita hidup dalam “satu dunia”, karena itu baik individu, kelompok maupun bangsa-bangsa menjadi saling bergantung satu sama lain (Giddens, 2002).

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close