Knowledge Economy : Globalisasi Terhadap Pasar Bebas

4/23/2018

Para pakar dari berbagai bidang mengakui bahwa perubahan manusia dewasa ini telah dilanda arus globalisasi dan mengubah bukan hanya tata cara kehidupan dalam berbagai aspek, tetapi secara sosial, budaya dan politik. 

Begitu dahsyatnya sehingga mengkhwatirkan dan menyebutnya “globaphobia”. Dengan gelombang globalisasi yang menkhwatirkan Negara dan masyarakat, maka persaingan pasar bebas, dan keunggulan sumber daya manusia juga mempengaruhi.

Kedalaman suatu perubahan terjadi akibat gelombang globalisasi yang hanya dapat dipahami lebih baik jika dibandingkan persoalan di masa lalu. 

Masyarakat pun kembali mencerminkan unit-unit sosial yang terisolasi, pluralistis, diversifikasi negara-bangsa. Hingga terdapat sistem ekonomi autarki yang berusaha memenuhi sendiri dan berbagai jenis kultur yang melestarikan identitas khas mereka sendiri, dan hal ini sering dapat memahami dan tidak dapat dibandingkan.

Jika untuk diketahui bahwa masyarakat kini menunjukkan gambaran yang sama sekali berbeda dibidang ekonomi. Terlihat peningkatan peran koordinasi dan integrasi dan peningkatan peran kerja sama secara multinasional. 

Tetapi yang harus dipahami adalah bahwa globalisasi dalam bidang ekonomi merupakan transformasi ekonomi secara global. Apabila sebelumnya, ekonomi didasarkan kepada produksi pertanian dan industri maka kini berubah menjadi perekonomian yang didasari ilmu pengetahuan (knowledge based economy).

Baca Juga :

Dalam hal ini, ekonomi baru yang dikenal saat ini merupakan salah satu bagian dari proses globalisasi, meskipun kita tahu bahwa ekonomi baru mempunyai implikasi bahwa ekonomi harus mempunyai tatanan baru, yang menghadirkan pengetahuan. 

egitu juga dengan sector jasa yang akan meningkatkan dan peran informasi serta sumber peningkatan produktivitas yang tinggi. Dan E-Commerce merupakan salah satu contoh dari ekonomi yang didasari ilmu pengetahuan.

Sementara, dengan memahami globalisasi ekonomi maka ekonomi bukan lagi merupakan urusan suatu Negara atau beberapa negara tetapi merupakan urusan global, dan berkaitan dengan globalisasi ekonomi ialah globalisasi arus modal, dan menurut Gonzales, globalisasi merupakan arus modal dan menjadi hal yang penting dibandingkan dengan masalah pertumbuhan dalam perdagangan dan investasi disektor riil.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close