Memahami Secara Collective Conscience

4/06/2018

Perhatian yang mendasar dalam masyarakat tentunya mengenai moralitas dan fakta-fakta moral, meskipun tidak jelas benar apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Tetapi, konsep moral yang menyatu dengan apa yang disebut dengan kebudayaan (culture). Dalam kaitan ini, Durkheim mengamati mengenai sistem berbagai symbol yang menyangkut nilai-nilai dan keyakinan yang diciptakan guna mengatur kegiatan manusia.

Fenomena yang mengatur mengenai karakteristik tertentu dimana fenomena harus dapat diobservasi, diklasifikasi dan dicari dasar mengenai fenomena yang dimaksud. Pada awalnya yang dimaksud dengan moral facts merupakan pola structural, tetapi ada hal yang menarik perhatian Durkheim dan menyebutkan ada hal yang perlu diperhatikan salah satunya 

Mengenai Volume yang memperlihatkan tingkatan nilai-nilai yang ada di masyarakat, 2. Intensitas yang menggambarkan sampai sejauh mana kesadaran suatu kelompok . 3. Kepastian yang menunjukan tingkat kejelasan dari berbagai komponen. 4. Yang berisi pertentangan antara unsure-unsur religious dan sekularisme di dalam kesadaran kelompok.
Baca Juga :
Dalam hal ini upaya dalam menciptakan struktur sosial atas kesadaran bersama adanya dampak ilmu pengetahuan dan perilaku manusia. Hal ini, tentunya dengan menganalisis struktur sosial berdasarkan pandangan dan struktur morfologis yang mengembangkan suatu tipologi masyarakat yang berdasarkan dengan integrasi atau solidaritas.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close