Pemikiran Pendidikan Menurut Para Ahli

4/22/2018

Suatu pemikiran dari tokoh-tokoh yang mewakili perspektif yang ada dalam sosiologi tentunya dapat dipahami bagaimana pemikiran-pemikiran sosiologi berkaitan dengan pendidikan. Tokoh sosiologi yang juga dianggap sebagai ahli pendidikan adalah Joh Dewey, dimana berdasarkan pengamatan terhadap struktur masyarakat yang berubah, dan tidak diikuti oleh persiapan terhadap pendidikan manusia untuk bisa menyadari masyarakat baru.

Sumbangan pemikirannya melalui cara pandang dna melihat sekolah sebagai miniature masyarakat. Dewey dalam hal ini merupakan tokoh penting dan menghadirkan rumah serta lingkungan dalam proses pendidikan. Dalam hal ini, ia memandang sekolah sebagai bagian dalam perbaikan masyarakat.

Hal ini tidak mengherankan jika perubahan suatu pendidikan selalau merupakan hasil dan gejala dari perubahan sosial dan dalam rangka itulah perubahan itu dijelaskan. Dalam hal ini juga, Durkheim melihat bahwa suatu pendidikan merupakan produk nyata dalam masyarakat. Pemikiran karya dalam pendidikan mengenai Education and Society (1956), Moral Education (1961) serta Evolution of Educational Thought (1977).
Dalam hal ini, jelas bahwa karya yang dihasilkan memberikan manfaat bagi pendidikan ketika itu, dimana pemikirannya tentang pedagogi juga bagian dalam proses terhadap pengetahuan dan persoalan yang ditanggapinya. Konseps seperti itulah yang dihasilkan dengan memberikan sumbangan pemikiran mengenai pendidikan dengan memandang bahwa sekolah sebagai sebuah organisasi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close