Pengertian Teknologi Dan Ekonomi

4/03/2018

Teknologi dan Ekonomi adalah dua bidang yang sangat terkait dalam semua masyarakat, tetapi tidak berarti keduannya sama. Teknologi suatu masyarakat sendiri dari peralatan teknik, dan pengetahuan yang diciptakan anggotannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan mereka. Sedangkan ekonomi suatu masyrakat berisi cara-cara yang diorganisasi secara sosial.

Teknologi diciptakan manusia melalui penerapan budi daya akalnya manusia dan harus mendayakan akal pikirannya dalam teknologi yang berdasarkan penalaran dalam suatu produk yang konkret. Memahami teknologi juga menjadi bagian dalam mengenal rekayasa yang dilaksanakan manusia dan diawali dengan sesuatu yang sederhana dan makin canggih seiring dengan evolusi.

Memang sulit dipastikan, ketika discover manusia prasejarah ketika ia melihat untuk pertama kalinya. Proses teknologi yang bersifat kolektif tersebut tentunya terkait erat dengan soal manajemen dalam suatu sistem produksi. Dalam pengertiannya, Aristoteles dan Plato justru mengaitkan istilah teknologi dengan pengetahuan sebagaimana yang saat ini selalu kita jumpai.

Pada dasarnya teknologi bersumber pada manusia itu sendiri, dan diciptakan manusia sebagai instrument dalam usaha memenuhi kebutuhannya, serta teknologi merupakan suatu fenomena sosial, yang mencakup tanpa manusia, tanpa masyarakat, dan teknologi pun tiada. Pemaknaan teknologi menurutnya, sebagai sebuah sistem.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close