Hubungan Kepariwisataan Struktur Sosial Dan Ekonomi

5/30/2018

Pada masyarakat modern (industry), kepariwisatawaan merupakan bagian dari system social dan ekonomi masyarakat. Sehingga, dalam masyarakat tradisional, praindustri dan masyarakat sedang berkembang, dimana kepariwisatawan belum seluruhnya menjadi bagian dari struktur social dan system ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan kepariwisatawan di masyarakat sedang berkembang cenderung mengalami perubahan dari luar struktur dan system social ekonomi masyarakat.

Lembaga pariwisata misalnya, menghimpun dan mengatur hubungan social wisawatan dengan masyarakat berdasarkan kepentingan dan kebutuhan layanan wisata yang ada di objek pariwisata, dimana dalam hal ini daya tarik wisata yang menunjukan fungsi social begitu penting. Yang dipahami dari struktur social, adalah mengenai konsep pokok yang meliputi peranan social, status, interaksi social, dan hubungan.
Jika struktur social dipahami sebagai bagian dari masyarakat maka berdasarkan jumlah dan intensitas hubungan social yang terjadi dapat dimaksudkan sebagai gambaran tentang statis dan dinamis dari kegiatan kepariwisatawaan. Dengan begitu, pemahaman kita mengenai sosiologi pariwisata dapat diperjelaskan dan dianalisis tentang perkembangan kegiatan kepariwisatawan di masyarakat berdasarkan pemikiran dan perkembangan masyarakat.
Struktur social masyarakat pariwisata tentunya meliputi hubungan social, peranan dan individu pada kelompok social dalam masyarakat pariwisata dan hubungannnya dengan wisatawan. Peranan dan hubungan yang terjadi dalam masyarakat pariwisata dapat didiskripsikan khususnya pada komponen pariwisata.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close