Penjelasan Model-Model Sistem Ekonomi Indonesia

5/22/2018

Ada kajian yang menarik ketika yang harus dipahami mengenai model system ekonomi, dimana beberapa alternative model system ekonomi, yaitu model system ekonomi swasta, model system ekonomi control, model system ekonomi swasta, model system kolektif dan model system perencanaan sentral. Dari system ekonomi tersebut, ada beberapa yang menjadi model system ekonomi swasta, yang memberi kesempatan bagi swasta Nasional, pribumi dan asing untuk melakukan kegiatan produktif.

Sementara, ketika memahami model ekonomi Indonesia dimana didukung usaha skala kecil produktif, maka hendak yang bisa dilakukan melalui produksi pertanian dan produksi pangan dan energy, meskipun masih mengenai adanya bio-energi. Sementara, jika kebutuhan masyarakat saat ini, lebih mengarah pada produksi. Kemudian, perusahaan asing yang mampu impor teknologi.


Tetapi, menurut Sjafrudidi, sebagai ahli ekonomi baginya ada beberapa pandangan bagi model ekonomi kita. Dimana, penekanannya pada skala kecil dibidang pertanian maupun industry. Karena, dipikirkan mengenai pemakaian modal asing akan timbul perkreditan luar Negeri. Tetapi, ketika itu peran Negara lebih mengikat dan hibah untuk program social, terutama pendidikan dan kesehatan.
Dari setiap program yang dijalankan tersebut juga, merupakan bagian dari model system ekonomi memprioritaskan kebutuhan mendasar dari masyarakat. Sementara, saat ini dengan mengamati arah pembangunan ekonomi maka apa yang menjadi prioritas merupakan akses dalam memenuhi kebutuhandan pertumbuhan ekonomi yang mesti dipahami. Dengan memberikan perhatian penting bagi Asing, maka tidak melupakan kepentingan masyarakat meskipun dirugikan karena merosotnya rupiah.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close