Ekonomi : Bagaimana Dengan Penerapan Konsep Permintaan Dan Penawaran

5/27/2018

Perekonomian yang seimbang Antara permintaan dan penawaran, maka harga dan jumlah barang yang akan dijual berada pada keseimbangan yang ditentukan oleh system ekonomi pasar. Kenapa ada keseimbangan? Hal ini dikarenakan keseimbangan yang ditentukan oleh system ekonomi pasar akan berdampak pada efisiensi ekonomi dana meningkatkan kesejahteraan.

Kesempurnaan tersebut sering terjadinya hanya pada tataran teori, yang dalam kenyataannya ada sebagian pihak dalam ekonomi yang dirugikan dalam system pasar. Misalnya, naik turunya harga kebutuhan pokok, dan konsumen merasa berat. Kemudian, harga yang rendah juga pihak produses merasa keberatan dengan harga yang ditentukan oleh system mekanisme pasar.

Kehadiran yang diperlukan dalam hal ini, tentunya adanya pemerataan kesejahteraan yang mengakibatkan kegagalan pasar. Kemudian, kebijakan penting Negara dalam mewujudkan pemerataan tersebut adalah kebijakan harga dasar (floor price) dan kebijakan harga atap (ceiling price). Kebijakan harga tersebut dilakukan berdasarkan keyakinan bahwa harga pasar yang berlaku tidak memberikan keadilan bagi konsumen dan produsen.

Yang dimaksud dengan harga atap yaitu kebijakan yang merupakan batas harga maksimun yang secara formal diberlakukan oleh Negara. Karena, kebijakan ini sering diterapkan untuk melindungi konsumen dari kenaikan harga. Sedangkan kebijakan harga dasar diterapkan untuk menjaga agar harga tidak terlalu rendah dan hal tersebut dengan kebijakan harga dasar.

Dimana, dalam hal ini suatu kebijakan akan mengikat bilamana harga dasar ditetapkan dibawah tingkat harga keseimbangan. Maka, kebijakan akan mengikat bilamana kebijakan harga ditetapkan diatas tingkat harga keseimbangan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close