Perubahan-Perubahan Dimensi Sosial Budaya

5/26/2018

Perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dapat berdimensi structural, yang artinya berpandangan pada perubahan yang menyangkut masalah komposisi posisi para warga masyarakat, baik dalam dimensi horizontal, vertical maupun diagonal, serta perubahan dalam dimensi kultural atau yang menyangkut budaya yang dimiliki oleh masyarakat setempat, baik budaya material maupun immaterial. Yang berkaitan dengan arti pola perilaku maupun dalam anti hasil cipta, rasa dan karsa manusia.

Kemudian, perubahan struktur horizontal dapat terjadi dalam bentuk perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat yang lain, atau perpindahan warga masyarakat dan kelompok yang lain. Misalnya warga masyarakat dan kelompok yang satu dengan kelompok yang lain. Dalam hal ini, misalnya gejala bahwa masyarakat yang semula mengumpul di tengah kota, menjadi bergeser ke pinggiran dan bahkan ke luar kota, atau masyarakat tertentu yang semula lebih menyukai pekerjaan sebagai pedagang, dan akhirnya bergeser property.

Dalam aspek politik dapat dipahami sebagai pengadaan perpindahan seseorang atau sekelompok orang dari keanggotan kelompok dan individu. Sedangkan perubahan structural vertikal , dapat terjadi dalam bentuk perpindahan warga masyarakat dari strata social tertentu ke strata social yang lain, baik vertical ke atas (social climbing) maupun vertical ke bawah (social sinking).
Adanya perubahan rata-rata dalam memahami lingkungan masyarakat tertentu telah banyak terjadi perubahan warganya yang semula berstatus social ekonomi yang menjadi persoalan dalam lapisan masyarakat. Perubahan-perubahan struktur seperti hal tersebut, tentunya suatu perubahan yang terjadi dalam bentuk perpindahan horizontal maupun vertical .

Kemudian, ada juga dinamakan dimensi kultural dan perubahan budaya, yaitu suatu perubahan yang terjadi baik pada pola perilaku maupun dari hasil cipta, rasa dan karsa manusia. Mungkin, dalam kehidupan bermasyarakat terjadi pola kebiasaan yang semula warga masyarakatnya sulit untuk dipahami, maka persoalan yang di masyarakat muncul sedemikian.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close