Kebudayaan Dan Sistem Sosial Masyarakat Adab

5/16/2018

Hubungan tentang kebudayaan perlu dingatkan kembali ketika konsep kebudayaan dengan peradaban perlu dipahami dengan hal yang utama. Wujud yang paling abstrak yaitu system budaya yang merupakan kumpulan gagasan, nilai-nilai, norma, serta pandangan. Kemudian, system social adalah kumpulan aktivitas dan tindakan yang berpola dari manusia dalam suatu masyarakat.

Kemudian, kebudayaan materi, yaitu benda-benda dan karya manusia, dimana wujud sebagai kebudayaan tentunya ada dalam suatu peradaban. Karena peradaban adalah suatu kebudayaan yang memiliki karakter tertentu yang dimiliki oleh kebudayaan lainnya. Yang membedakan dengan kebudayaan hanyalah ciri-ciri khasnya.

Yang dimaksud dengan masyarakat adab adalah masyarakat dari suatu peradaban tertentu yang memiliki unsur kebudayaan yang bersifat khusus, halus dan kompleks dan memiliki kemampuan yang tinggi. Setiap masyarakat mempunyai harapan untuk dapat memiliki suatu mekanisme, dan persoalan. Dengan demikian, harapannya adalah bahwa dengan memiliki pemimpin yang memiliki ciri ideal tersebut.
Baca Juga :
Berbeda dengan halnya masyarakat madani, dimana muncul dari kata civil society, dimana yang awalnya diterjemahkan sebagai masyarakat sipil, sebagai warga Negara yang aktif dalam politik. Tetapi, pada kenyataannya konsep civilization yang merupakan peradaban dan berkaitan dengan kualitas suatu masyarakat dan suatu kebudayaan yang ditandai dengan ruang gerak masyarakat.

Dalam hal ini, proses konsep mekanisme system pengendalian social di masyarakat sangat erat dengan kebudayaan, dan system yang bersifat internal biasanya sudah terinternalisasi dan tersosialisasi di dalam masyarakat dalam bentuk pola, dengan demikian tata tertib yang ada di masyarakat merupakan bagian dari proses social.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close