Memahami Teknologi Modern Dan Agroindustri

5/16/2018

Pada masyarakat modern teknologi dikenal sebagai wujud dan makna yang begitu berbeda, teknologi modern merupakan bagian dari persoalan energy alam seperti air dan angin. Sebagai contok ketika revolusi industry pada abad ke 28 dan awal kea bad ke 19, dimana teknologi modern menjadi titik awal munculnya teknolgi modern sekaligus perubahan rasio ekonomi dan budaya dengan penggantian ekonomi berdasarkan pekerja industry dan produksi mesin.

Revolusi industry tersebutnya, dikenal dengan mesin uap dan ditenagai dengan mesin atau yang dikenal dengan produksi tekstil. Pada revolusi industry ke II menurut T.S Ashton menulisnya 1760-1830 dimana titik pemisah dengan revolusi industry II pada sekitar tahun 1850, ketika kemajuan teknologi dan ekonomi mendapatkan momentum dengan perkembangan kapal tenaga uap, rel dan kemudian tenaga listrik.

Kondisi ini kemudian bergeser ke tenaga mesin yang memiliki kapasitas mengangkit barang menjadi lebih cepat dengan standar ukuran yang sama dan dalam tempo yang teratur. Dengan demikian, teknologi dapat menjadi alasan pembenar bagi proses eksplorasi sumber daya alam sekaligus menjadi penyebab polusi dan pencemaran.

Ciri teknologi modern adalah dari aspek motif, teknologi modern lahir dan terdorong dari kondisi alam, dimana ketika alat transportasi modern berhasil ditemukan dan dikembangkan seperti kereta api, kapal laut, mobil, hingga pesawat terbang. Hal ini, tentunya terus berkembang hingga saat ini, dan menjadi sebuah kebutuhan dalam mengangkut barang dan kebutuhan mendasar bagi keberlangsungan system ekonomi.

Dengan demikian, system transportasi yang berfungsi sebagai sarana dan system ekonomi Negara dan masyarakat dapat menjadi bagian dari proses perkembangan system teknologi berupa system transportasi hingga saat ini. Hal ini, tanpa didasari dengan adanya perkembangan social pada masyarakat sekaligus berlangsungnya transformasi ilmu pengetahuan antar masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close