Sebuah Prespektif Merajut Budaya Baru

6/15/2018

Strategi kebudayaan yang jelas serta masih kuat mentalitas inlander eks bangsa terjajah. Sadar akan kita masih selalu mengikuti kiblat selera Negara maju secara tatapan kosong. Disatu sisi ada yang secara erat memegang tradisi dalam ketrtutupan penuh ketegangan dan kemungkinan perubahan. Untuk itu perlu suatu keterbukaan dalam memahami secara mendalam atas budaya sendiri.

Kekayaan budaya Nusantara agaknya masih handal untuk menjadi sumber arsitektur dalam konteks kesenian. Hanya saja dalam hal ini perlu disayangkan bahwa pengetahuan kita atas lokalitas agaknya semakin memudar. Pencapaian arsitektur tradisional misalnya dapat diapresiasi pada kemampuan menagkap kebenaran untuk hidup dan bersatu dengan alam.

Suatu prinsip yang universal dalam hal ini senantiasa dipegang untuk tidak terbelenggu dan tertambat pada pernik-pernik masalalu. Semangat kecintaan Indonesiaan dapat diwujudkan dengan mengembangkan pencapaian-pencapaian yang sudah ada. Kemudian, keterbukaan pemikiran atas dasar kesetaraan dengan kemajuan Negara lain bisa saja dilakukan.

Dengan mejarut sebuah budaya baru tentunya harus memahami hakikat kita sebagai manusia, dimana hal ini merupakan bagian dari dinamika manusia. Sedangkan kepopuleran merupakan bagian dari hakikat yang pada intinya terkandung didalamnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close