Proses Perubahan Industrialisasi Terhadap Perkembangan Produksi

6/17/2018

Sistem produksi pabrik berkembang dengan perkembangan industrialisasi. Jika memahami industrialisasi, maka dapat dipahami sebagai proses pemakaian mesin dalam kegiatan-kegiatan produksi. Dalam industrialisasi, alam, alat bahkan tenaga serta keterampilan  manusia secara perlahan berkurang peranannnya, hal itu tentunya sudah digantikan berbagai teknologi mesin.


Industrialisasi juga sebagai bagian dari pekerjaan yang mandiri dalam kelompok kecil suatu unit tradisional yang terpecar secara geografis. Kemudian, bekerja massal dalam suatu wilayah yang relatif sempit dan saling berhubungan. Sementara, ditingkat masyarakat, industrialisasi juga mengimplikasikan berkembangnya beragam jenis pembentukan stratifikasi social baru, rasionalisasi pada umumnya.
Jika memahami industrialisasi maka, kita akan memahami perubahan teknologi, ekonomi, dan kehidupan masyarakat sekaligus. Namun, perubahan masyarakat dari masyarakat pra industri menuju masyarakat industri bukanlah perubahan yang begitu cepat, hal ini tentunya terjadi dengan sendirinya, dan berlangsung secara baik di masyarakat.

Proses perubahan yang bermula  dari abad XVIII pada kenyataannya baru menghasilkan  tatanan masyarakat industri sekitar abad XX. Hal ini, tentunya berada pada Eropa Barat, Amerika Utara,  dan sebagaian kawasan Asia Pasifik. Pada abad ke XIX sebagian besar penduduk Eropa, bahkan inggris dianggap sebagai perintis masyarakat industri, dan masih bekerja di sector pertanian.
Kemudian, dilanjutkan dengan penemuan teknologi mesin yang merupakan bagian terpenting dari revolusi industri dan memerlukan waktu yang cukup lama  untuk berefek secara social maupun ekonomis. Karena dalam hal ini, keberadaan teknologi mesin dapat memberikan efek yang revolusioner kepada system produksi sebagai system pabrik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close