Proses Terjadinya Perubahan Masyarakat Desa

6/28/2018

Proses perubahan yang terjadi di masyarakat Desa, tentunya dapat dipahami sebagai evolusioner, yang bersifat lambat namun bertahap. Hal ini dapat dikatakan sebagai proses perubahan yang terjadi di desa yang masih terisolasi dan lebih merupakan hasil dari kekuatan-kekuatan internal di Desa itu.

Perubahan-perubahan yang terjadi pada era globalisasi ini dapat dikatakan sangat cepat dan memiliki proses globalisasi dari berbagai persoalan dipedesaan. Proses modernisasi system komunikasi/transportasi misalnya, merupakan bagian system global masyarakat Desa dalam menggunakan system teknologi pertanian.

Tetapi perubahan, yang terjadi di Desa secara umum tidak hanya disebabkan oleh proses globalisasi, dan melainkan secara khusus juga disebabkan oleh perubahan-perubahan yang dibuat guna memahami perubahan itu sendiri.
Baca Juga : Kebudayaan Masyarakat Desa Di Era Globalisasi
Perubahan yang berlandaskan dengan keterkaitan dan interaksi antara suatu perubahan tentunya terdapat dalam masyarakat Desa, dimana arus globalisasi dan pembangunan. Hal ini, tentunya berkaitan dengan kultural dan structural yang ada di masyarakat Desa.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close