Herbert Spencer : Proses Evolusi Naturalis

7/09/2018

Herbert Spencer memahami berbagai pemahaman diberbagai aspek, dan memiliki pengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satunya mengenai proses evolusi universal. Dalam hal ini, Spencer menyatakan bahwa semua bangsa di dunia ini memiliki kepercayaan dan religi. Memang begitu kompleks jika memahami hal ini.

Evolusi kebudayaan juga akan terjadi proses yang didorong oleh suatu kekuatan mutlak yang disebut dengan evolusi universal. Dalam pandangan spencer perkembangan masyarakat dan kebudayaan dari setiap bangsa di dunia akan melewati tingkat yang sama. Perkembangan dari tiap masyarakat arau subkebudayaan dapat mengalami proses evolusi dalam tingkatan yang berbeda.

Perubahan manusia dan masyarakat juga mengalami proses evolusi, dimana spencer menganologikan masyarakat dengan kehidupan organisme. Keduanya, masyarakat dan organisme itu tumbuh melalui perputaran diluar bentuk dan berkembang dalam lingkungan social.

Dari hal ini, entitas bermula pada suatu yang dikenal, inkoheren dan homogeny, lalu menuju sesuatu yang dikenal sebagai koheren dan heterogen. Oleh karenanya, struktur masyarakat berkembang menjadi lebih kompleks karena terciptanya heterogenitas tadi. Bagi Spencer, proses evolusi artinya suatu proses diferensiasi sekaligus integrasi yang terjadi secara berurutan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close