Apa Itu Komposisi Etnis Tiga Dimensi ?

8/22/2018

Komposisi etnis dalam tiga dimensi mencakup, dimensi historis, struktur social serta interaksi kelompok. Kemudian, dari dimensi historis bisa lagi dilihat mulai dari masa penjajah, hingga peran penting jajahannya ketika itu.

Dengan demikian, pada masa itu terciptalah yang namanya sistim birokrasi, dan model yang tepat untuk hubungan birokrasi pusat dan daerah. Sementara itu, dari dimensi struktur social etnis dilihat dengan mengaitkan antara peran pemerintah dan Negara dalam mengatur hubungan antar etnis.
Sedangkan dari dimensi interaksi kelompok etnis dilihat dalam konteks konflik social, maka dalam konflik social ini maka terdapat konflik komunal dan gerakan separatis. Ketika itu, konflik merupakan salah satu bagian dari persoalan. Maka ada yang namanya dilemma keamanan, perlindungan, dan ambisi hegemoni, serta aspirasi.


Jika di Asia, termasuk Indonesia terdapat tiga pola pembentukan indentitas Nasional, yaitu ethnocultural nasionalism, multicultural nasionalism, serta civic nasionalism. Yang dalam masing-masing pola kita bisa perbandingkan dalam bentuk pemerintahan yang otoriter dan bentuk pemerintahan yang demokratik

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close