Bagaimana Memahami Proses Pembudayaan ?

8/23/2018

Hubungan antara manusia dengan kebudayaan tidak dapat terpisahkan, maka tidak akan ada kebudayaan tanpa ada manusia, dan manusia tidak akan pernah mencapai puncak potensinya sebagai manusia tanpa kebudayaan.

Di dalam sebuah kebudayaan itulah manusia dibentuk, tetapi kebudayaan juga merupakan cermin dari perkembangan manusia pemilik kebudayaaan tersebut ?, maka Proses perkembangan kebudayaan tidak akan pernah berhenti seiring dengan terus mengalirnya kebutuhan manusia sebagai pemilik kebudayaan yang juga tidak pernah berhenti.


Dengan demikian, manusia dengan berbagai kemampuannya terus mengembangkan berbagai macam sistim tindakan demi memenuhi kebutuhannya. Dan itu diperoleh dari hasil belajar, artinya proses belajar yang kemudian muncul sebuah namanya “kebudayaan”.

Sehingga, dalam hal ini hampir semua rangkah kehidupan masyarakat baik itu secara individu itulah yang dinamakan kebudayaan. Sedikit tindakan manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang tidak perlu dibiasakan dengan belajar. 


Bahkan, tindakan manusia yang sifatnya naluriah pada akhirnya juga diubah menjadi tindakan kebudayaan. Misalnya, manusia mempunyai tindakan naluriah untuk berbagai hal dari keseharian. Maka, proses kebudayaan adalah tindakan yang menimbulkan dan menjadikan sesuatu lebih bermakna untuk kemanusiaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close