Dimensi Struktur Sosial Hubungan Antar Etnik

8/13/2018

Hubungan antar etnis tidak dapat dipisahkan dengan bagaimana Negara mengaturnya. Tetapi, kita dapat memahami bagaimana peranan tersebut mengatur hubungan tersebut. Jika peta politik dan kebijakan public penting untuk dijadikan dasar dalam melakukan analisis hubungan antar etnik di Indonesia.

Pandangan fungsionalis beranggapan akan adanya proses pembangunan dan modernisasi masyarakat akan melemahkan pengaruh identitas etnis dalam interaksi masyarakat dalam suatu system social. Namun, pada kenyataannya modernisasi yang terjadi dalam masyarakat tidak menyurutkan identitas etnis.

Solidaritas etnis misalnya akan berjalan seiring modernisasi, hal ini tentunya guna menumbuhkan kesadaran etnis atau ikatan primordial. Sehingga, dalam hal ini jika berbagai pandangan terhadap etniksitas akan terkikis sendirinya.


Faktor apa yang menjadi pertanyaan mengenai hal ini, dimana system social yang terus melakukan modernisasi dan mampun menghilangkan kesadaran etnis itu sendiri. Misalkan, pemerataan pembangunan, sumber daya yang menjadi variable yang mempengaruhi munculnya kesadaran etnik dan hubungan antar etnik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close