Gambaran Suatu Wilayah Masyarakat Pedesaan : Minoritas

8/07/2018

Perkembangan suatu Desa terdapat diberbagai Negara yang maju dan itu mrupakan gambaran umum dunia saat ini. Benarkah ? Jika memahami pada umumnya, dimana dunia ketiga justru merupakan mayoritas, dan rata-rata masih dalam taraf perkembangan yang jauh.

Pada kawasan masyarakat Desa masih dominan hidup dari pertanian yang belum mekanis. Sekalipun telah diterapkan pembaharuan atau modernisasi pertanian (termasuk Revolusi Hijau) namun, pada hakikatnya belum mengubah kehidupan social dan ekonomis masyarakatnya secara mendasar.

Keseimbangan suatu kawasan misalnya pertanian pada umumnya masih disingkapi sebagai way of life yang memberikan corak kehidupan mereka selalu komunitas Desa. 

Yang pada kenyataannya bahwa agroindustry misalnya maupun agribisnis belum mampu mengubah system pertanian tradisional. Hal ini, tergambar belum terbukti tentang masih kuatnya pola kehidupan social yang lama itu.

Dengan demikian, corak kebutuhan pokok terhadap komunitas Desa pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari system mata pencaharian mereka yang baik. Yang, dalam kenyataan jenis mata pencaharian pokok mereka sangatlah beragam.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close