Tipe-Tipe Otoritas Dan Bentuk Organisasi Sosial

8/07/2018

Tindakan dasar social individu membentuk bangunan dasar untuk struktur social yang lebih baik. Dengan memahami serangkaian distingsi-distingsi tipologis yang bergerak dari tingkatan hubungan social ke tingkat keteraturan ekonomi dan social politik. 

Konsep legitimasi keteraturan social tentunya mendasari analisis Weber terhadap pemahamannya mengenai institusi ekonomi, politik, dan agama serta interpretasinya mengenai perubahan social.

Stabilitas keteraturan social yang absah tidak hanya bergantung pada kebiasaan saja, tetapi ada norma dan individu yang saling berkaitan. Hubungan social dalam berbagai tipe keteraturan social yang baru tentunya diperlihatkan dari keanekaragaman yang berbeda-beda. 

Dengan mengindentifikasikan beberapa tipe yang berbeda, tetapi dengan kekhususnya tertarik pada hubungan yang muncul dalam organisasi strktur otoritas yang baik.

Fokus perhatian Weber, dalam hal ini lebih utama dimana landasaran keteraturan social yang abash. Dengan bearti keteraturan social dan pola dominasi yang berhubungan dengan sebagai yang benar, baik oleh mereka yang mencerminkan struktur otoritas.


Struktur otoritas juga dibagi lagi menjadi otoritas tradisional yang berlandaskan pada kepercayaan yang kekudusan tradisi, kemudian otoritas karismatik yang didasarkan pada mutu luar biasa yang dimiliki pemimpin sebagai seseorang pribadi atau dengan kata lain menunjuk pada daya tarik pribadi yang ada, serta otoritas legal-rasional yang didasarkan pada komitmen terhadap seperangkat peraturan yang diundangkan secara resmi dan diatur oleh impersonal. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close