Identitas Pedesaan : Mengulas Kesatuan Administratif Pedesaan

8/06/2018

Kemandirian suatu Desa tentunya memiliki peran yang menyerupai pedesaan sebagai bagian dari kemandirian diberbagai banyak aspek pedesaan yang pada awalnya muncul dengan mencakup hampir semua aspek kehidupan.

Aspek yang dimaksud adalah mencakup berbagai ekonomi, social, pemerintahan dan kepemimpinan, dan kaidah yang mencakup berbagai persoalan yang berhubungan dengan pedesaan. Kepercayaan, dan sebagainya memiliki arti bahwa suatu system yang memiliki nilai tersndiri baik, social, budaya, ekonomi yang memiliki peran terhadap perkembangan pedesaan.

Memahami masyarakat pedesaan dalam artian yang benar-benar merupakan suatu kesatuan social, ekonomi, budaya atau merupakan kesatuan komunitas kecil yang jelas identitasnya.

Sementara,  kesatuan komunitas Desa yang mandiri ini tentunya memiliki keterbatasan yang disebabkan oleh rendahnya tingkat produktivitas ekonomi dengan kondisi fisik yang relative otonom dalam pelbagai aspek.

Maka, pada zaman itu Desa yang memiliki nilai dan disamping itu masih diberikan kebebasan tertentu untuk memahami kesatuan social dan hokum adat yang mulai diarahkan status dan perannya menjadi Desa kesatuan administratif.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close